RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV
/ I
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu :
4 x 35
- Standar Kompetensi :
1.
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia
dengan fungsi serta pemeliharaannya
- Kompetensi Dasar :
1.1.
Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia
dengan fungsinya
- Indikator :
1.
Mengidentifikasi
3 bagian rangka
2.
Menjelaskan
fungsi rangka
Pendidikan
Budaya dan karakter Bangsa
Rasa ingin tahu: mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh
dan perawatan nya
Demokratis: Membiasakan diri
bermusyawarah dengan teman-teman.
Kerja keras: Mengerjakan tugas-tugas dari
guru pada waktunya.
Toleransi: Bekerja sama dengan
teman yang berbeda agama, suku, dan etnis dalam kegiatan-kegiatan kelas dan sekolah
Menghargai prestasi: Rajin belajar untuk
berprestasi tinggi.
IV. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
diskusi, siswa dapat
mengidentifikasi bagian-bagian utama rangka
2. Melalui
diskusi dan
penugasan, siswa dapat menjelaskan fungsi rangka manusia
V.
Materi Pokok
-
Rangka manusia
dan fungsinya
VI. Metode
− Ceramah
− Tanya jawab
−
Observasi gambar
−
Diskusi
VII. Langkah-langkah
Pembelajaran
· Langkah-langkah
Pembelajaran 1
A. Kegiatan Awal (eksplorasi)
- Menyiapkan gambar
- Mengapa
kita bisa berdiri tegak ?
B. Kegiatan Inti (elaborasi)
-
Melakukan pengamatan pada gambar rangka manusia secara
kelompok
yang berperspektif gender.
-
Secara berkelompok berperspektif
gender, siswa mendiskusikan hasil pengamatan
-
Melaporkan hasil
pengamatan
-
Guru memberi penguatan materi (konfirmasi)
C. Penutup (konfirmasi)
- Perbaikan
- Pemberian
PR
· Langkah-langkah Pembelajaran 2
A. Kegiatan
Awal
(eksplorasi)
- Menanyakan
tentang rangka penyusun rangka tengkorak
- Menyiapkan
gambar
B. Kegiatan
Inti (elaborasi)
-
Secara berkelompok berperspektif
gender, siswa melakukan pengamatan gambar rangka
-
Mendiskusikan
hasil pengamatan fungsi rangka
-
Melaporkan hasil
pengamatan
-
Guru memberi penguatan materi (konfirmasi)
C. Penutup (konfirmasi)
- Membuat
ringkasan
materi
VIII. Alat / Bahan
belajar
-
Gambar rangka
manusia
-
Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV, Heri Sulistyanto dkk,
Depdiknas, bse 2008
-
Guru dan anak /
siswa
-
LK (Lembar Kerja)
IX. Penilaian
1.
Jenis tagihan : Tes tertulis.
2.
Bentuk instrumen :
Uraian.
3.
Instrumen soal :
Terlampir
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.......................................................
NIP. ......................................................
|
......................, ………………………..
Guru Kelas
IV
.......................................................
NIP. ...................................................
|
Lembar Kerja 1
Tertulis :
1.
….
Bagian rangka utama manusia 2. ….
3.
….
Sebutkan
nama bagian-bagian rangka manusia sesuai nomor berikut ini!
|
|
Rangka kepala terdiri
dari tulang apa saja ?
Lisan : 1. Guna rangka kepala yaitu ….
2. Untuk melindungi kepala,
pengendara sepeda motor memakai …
3. Tulang anggota gerak atas yaitu
….
4. Dimana gigi-gigi kita
menempel ?
Lembar Kerja 2
No
|
Nama Rangka / Tulang
|
Fungsinya
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Rangka kepala
Rangka dada
Tulang belakang
Rangka anggota gerak
bawah / kaki
Tulang pipi
|
|
Soal Evaluasi
Berilah
tanda silang pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!
1. Rangka kepala berbentuk bulat karena disusun oleh tulang yang berbentuk
. . . .
a. pipih c. pipa
b. pendek d. bulat
2. Perhatikan contoh bentuk tulang.
Bentuk tulang yang menyusun
rangka kepala adalah . . . .
a. 1, 2 c. 3, 4
b. 2, 3 d. 2, 4
3. Tulang-tulang penyusun rangka kepala terdiri dari tulang keras karena
berfungsi untuk melindungi . . . .
a. hati c. otak
b. paru d. lambung
4. Perhatikan gambar rangka badan berikut ini.
Bagian yang merupakan tulang-tulang rusuk adalah . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
5. Punggung dapat digerakkan ke muka dan ke belakang karena mempunyai . . .
.
a. ruas-ruas tulang belakang
b. tulang-tulang rusuk
c. tulang dada
d. tulang paha
6. Bagian tubuhmu yang bergerak karena adanya sendi engsel adalah . . . .
a. lengan c. betis
b. lutut d. leher
7. Perhatikan gambar rangka tangan berikut ini. Yang berbentuk tulang pipa
adalah nomor . . . .
b. 2, 3
c. 2, 4
d. 3, 4
8. Perhatikan gambar cara duduk berikut ini.
Jika cara
duduk terus-menerus seperti gambar tersebut, tulang
a. tulang-tulang rusuk
b.
ruas-ruas tulang belakang
c. tulang-tulang rangka kaki
d.
tulang dada
9. Perhatikan tabel hasil pengamatan terhadap cara duduk siswakelas 4 SD
Melati
Siswa yang cara duduknya harus dibetulkan adalah . . . .
a. Susi dan Robi
b. Susi dan Rendi
c. Robi dan Siti Fatimah
d. Siti Fatimah dan Rendi
10. Rangka tubuh siswa kelas 4 SD masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karena
itu, kita perlu membiasakan
diri dengan cara . . . .
a. duduk yang tegap
b. berdiri yang bungkuk
c. tidur tengkurap
d. tidur menggulung
0 Komentar untuk "Contoh RPP IPA untuk kelas 4 SD : Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya"