Contoh RPP IPA untuk kelas 4 SD : Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

                                        Mata Pelajaran         :           Ilmu Pengetahuan Alam
                                        Kelas / Semester      :           IV / I
                                        Pertemuan                :           1 dan 2
                                        Alokasi Waktu         :           4 x 35


  1. Standar Kompetensi   :          
1.      Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya

  1. Kompetensi Dasar      :          
1.1.            Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya

  1. Indikator         :          
1.        Mengidentifikasi 3 bagian rangka
2.        Menjelaskan fungsi rangka
Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa
Rasa ingin tahu: mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh  dan perawatan nya
Demokratis: Membiasakan diri bermusyawarah dengan teman-teman.
 Kerja keras: Mengerjakan tugas-tugas dari guru pada waktunya.
Toleransi: Bekerja sama dengan teman yang berbeda agama, suku, dan etnis dalam  kegiatan-kegiatan kelas dan sekolah
Menghargai prestasi: Rajin belajar untuk berprestasi tinggi.

  IV.    Tujuan Pembelajaran
1.   Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian utama rangka
2.   Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat menjelaskan fungsi rangka manusia

     V.       Materi Pokok
-       Rangka manusia dan fungsinya

  VI.     Metode
     Ceramah
     Tanya jawab
     Observasi gambar
     Diskusi

VII.    Langkah-langkah Pembelajaran
·    Langkah-langkah Pembelajaran 1
A.  Kegiatan Awal (eksplorasi)
-     Menyiapkan gambar
-     Mengapa kita bisa berdiri tegak ?
B.   Kegiatan Inti (elaborasi)
-            Melakukan pengamatan pada gambar rangka manusia secara kelompok yang berperspektif gender.
-            Secara berkelompok berperspektif gender, siswa mendiskusikan hasil pengamatan
-            Melaporkan hasil pengamatan
-            Guru memberi penguatan materi (konfirmasi)
C.   Penutup (konfirmasi)
-     Perbaikan
-     Pemberian PR

·    Langkah-langkah Pembelajaran 2
A.  Kegiatan Awal (eksplorasi)
-     Menanyakan tentang rangka penyusun rangka tengkorak
-     Menyiapkan gambar
B.   Kegiatan Inti (elaborasi)
-       Secara berkelompok berperspektif gender, siswa melakukan pengamatan gambar rangka
-       Mendiskusikan hasil pengamatan fungsi rangka
-       Melaporkan hasil pengamatan
-            Guru memberi penguatan materi (konfirmasi)


C.   Penutup (konfirmasi)
-     Membuat ringkasan materi

VIII.    Alat / Bahan belajar
-       Gambar rangka manusia
-       Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV, Heri Sulistyanto dkk, Depdiknas, bse  2008
-       Guru dan anak / siswa
-       LK (Lembar Kerja)

  IX.    Penilaian
1.        Jenis tagihan                    : Tes tertulis.
2.        Bentuk instrumen         : Uraian.
3.        Instrumen soal               : Terlampir


Mengetahui,
Kepala Sekolah


                                                   
.......................................................
         NIP. ......................................................
......................, ………………………..
Guru Kelas IV



.......................................................
        NIP. ...................................................










































Lembar Kerja 1
Tertulis :
                                                      1. ….
Bagian rangka utama manusia       2. ….
                                                      3. ….

Sebutkan nama bagian-bagian rangka manusia sesuai nomor berikut ini!



  1. ....
  2. ....
  3. ....
  4. ....
  5. ....
  6. ....
  7. ....
  8. ....
  9. ....
  10. ....





Rangka kepala terdiri dari tulang apa saja ?

Lisan :      1. Guna rangka kepala yaitu ….
                2. Untuk melindungi kepala, pengendara sepeda motor memakai …
                3. Tulang anggota gerak atas yaitu ….
                4. Dimana gigi-gigi kita menempel ?



Lembar Kerja 2

No
Nama Rangka / Tulang
Fungsinya
1.
2.
3.
4.
5.
Rangka kepala
Rangka dada
Tulang belakang
Rangka anggota gerak bawah / kaki
Tulang pipi


                                                                                                                     














Soal Evaluasi
Berilah tanda silang pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!
1. Rangka kepala berbentuk bulat karena disusun oleh tulang yang berbentuk . . . .
a. pipih                        c. pipa
b. pendek         d. bulat
2. Perhatikan contoh bentuk tulang.

     Bentuk tulang yang menyusun rangka kepala adalah . . . .
a. 1, 2              c. 3, 4
b. 2, 3              d. 2, 4
3. Tulang-tulang penyusun rangka kepala terdiri dari tulang keras karena berfungsi untuk melindungi . . . .
a. hati               c. otak
b. paru                         d. lambung

4. Perhatikan gambar rangka badan berikut ini.

     Bagian yang merupakan tulang-tulang rusuk adalah . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4



5. Punggung dapat digerakkan ke muka dan ke belakang karena mempunyai . . . .
a. ruas-ruas tulang belakang
b. tulang-tulang rusuk
c. tulang dada
d. tulang paha
6. Bagian tubuhmu yang bergerak karena adanya sendi engsel adalah . . . .
a. lengan          c. betis
b. lutut             d. leher
7. Perhatikan gambar rangka tangan berikut ini. Yang berbentuk tulang pipa adalah nomor . . . .
a. 1, 2
b. 2, 3
c. 2, 4
d. 3, 4





8. Perhatikan gambar cara duduk berikut ini.
Jika cara duduk terus-menerus seperti gambar tersebut, tulang
         yang pertumbuhannya tidak bagus adalah . . . .
            a. tulang-tulang rusuk
            b. ruas-ruas tulang belakang
c. tulang-tulang rangka kaki
d. tulang dada


9. Perhatikan tabel hasil pengamatan terhadap cara duduk siswakelas 4 SD Melati

 

 







Siswa yang cara duduknya harus dibetulkan adalah . . . .
a. Susi dan Robi
b. Susi dan Rendi
c. Robi dan Siti Fatimah
d. Siti Fatimah dan Rendi

10. Rangka tubuh siswa kelas 4 SD masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu, kita perlu membiasakan  
       diri dengan cara . . . .
a. duduk yang tegap
b. berdiri yang bungkuk
c. tidur tengkurap
d. tidur menggulung







Tag : RPP, SD
0 Komentar untuk "Contoh RPP IPA untuk kelas 4 SD : Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya"

Back To Top